Sunday, February 22, 2015

TIPS SEBELUM MEMBANGUN RUMAH

Anda berencana akan membangun rumah tinggal… ???


tips membangun rumah tinggal

tips membangun rumah tinggal

Perhatikan tips-tips membangun rumah tinggal berikut ini :


1.Pintarlah dalam memilih lokasi yang strategis
Bukankah akan lebih memudahkan jika rumah yang kita bangun dekat dengan tempat publik. Misalkan pasar / supermarket, rumah sakit, tempat kerja, tempat wisata / hiburan dan lain-lain. Silahkan tentukan lokasi sesuai dengan dana yang anda punya. Makin mudah suatu lokasi untuk mengakses tempat umum, makin tinggi pula harga jualnya.

2.Lakukan survey dengan benar dan teliti
Periksa apakah lokasi tempat anda akan membangun rumah rawan bencana atau tidak, misal longsor dan banjir. Apakah lokasi dekat dengan sumber limbah pencemar atau tidak. Dekat dengan tiang listrik bertegangan tinggi, bantaran sungai, atau lahan berada di atas saluran pipa air, kabel, dan sejenisnya. Gak maukan rumah selesai dibangun tapi tiap tahun harus berurusan sama banjir dan masalah lain hanya gara-gara kita tidak melakukan survey dengan benar.

3.Urus perijinan dan semacamnya
Gak mau jugakan rumah yang kita tempati tiba-tiba digusur dan dibongkar paksa karena tidak memiliki ijin. Seperti yang sering diberitakan di Jakarta itu lho. Hiihii..

4.Lakukan perhitungan dengan matang
Untuk mudahnya bisa melalui jasa konsultan perencana bangunan. Nah, nanti akan kelihatan tuh berapa biaya dan tampak bangunan yang akan kita dirikan. Itung-itung menghindari proyek berhenti di tengah jalan.

5.Gunakan material yang berkualitas
Biaya murah tapi cepet rusak sana-sini, ujung-ujungnya mesti keluar biaya lagikan. Sama aja bohong dong. Berkualitas bukan berarti harus mahal kok, yang penting kita jeli dalam memilih. Cari referensi dulu sebelum kita membeli.

6.Pilih lokasi yang membuat anda nyaman dan aman

Yah kembali lagi. Lokasi yang sempurna itu adalah lokasi yang menurut anda sendiri nyaman dan anda merasa aman. Selera orangkan beda-beda. Nyaman di saya belum tentu nyaman di andakan.

Terimakasih telah membaca artikel yang biasa ini..

No comments:

Post a Comment

tinggalkan kesan dan daerah kamu tinggal pada kolom komentar yah..