Wednesday, February 25, 2015

TIPS MERENDER DENGAN VRAY SKETCHUP

TIPS JITU MERENDER DI SKETCHUP DENGAN HASIL YANG MAKSIMAL

Mungkin dibandingkan dengan computer yang dimiliki temen-teman di rumah, laptopku ini masih belum ada apa-apanya. Tapi di sini aku akan jelaskan secara singkat, bagaimana sih agar hasil renderan maksimal dengan spek computer yang terbatas. Pertama aku kasihtahu dulu System Information di komputerku biar gak dibilang bohong. Caranya tulis dengan perintah DXDIAG ( DirectX Diagnostic Tool ) di Search programs and files, informasi mengenai computer akan anda lihat di situ.

OS : Windows 7 Ultimate 32-bit ( 6.1, build 7600 ), Processor : Intel® Pentium® CPU – P6100 @ 2.00Ghz ( 2 CPUs, Memory : 1024MB RAM ATI Mobility Radeon.

Selanjutnya akan aku perlihatkan hasil renderannya melalui gambar di bawah. Nah, setelah melihat gambarnya terserah kalian. Kalau menurut kalian hasil renderan masih biasa saja boleh tinggalkan artikel ini. Kalau menurut kalian hasilnya cukup lumayan, silahkan lanjutkan membaca trik-trik merenderku di bawah gambarnya ( biar gak dibilang PHP, jadi aku kasih liahat dulu hasinya. Hehee ).

simple relaxing space
RUANG SANTAI

Kalau menurut kalian hasilnya lumayan inilah rahasianya :

Buatlah Modeling Yang Maksimal
Maksudnya adalah buatlah model sedetail mungkin. Kalau dari awal modelingnya aja udah berantakkan, ya hasil ahirnya juga gak akan beda jauh berantakannya. ( Sebenernya ini saya juga masih butuh banyak belajar sih, xiixii.. ).

Buat Model Gambar Seperlunya Saja
Jangan mentang-mentang lagi seneng gambar terus modeling gak pake kira-kira. Modeling harus disesuaikan dengan kapasitas Laptop. Entar nyesel sendiri lho kalo gambarnya ternyata gak kuat dirender karena terlalu berat. ( Yang ini aku sering ngalami, sumpah bikin bt + penasaran hasil ahirnyakan )

Setingan Pada Render Options Editor
Atur Setingan pada Render Options untuk menambah nilai real dari gambar. Kalian bisa cari dan pilih dari internet atau baca artikelku selanjutnya. Sebenarnya options standar yang udah bawaan dari vray-nya sih menurutku sudah Ok ( tapi akan beda kalo menurut kaian yang serba menuntut pervek ).

Aturlah Pencahayaan
Biasakan mengatur pencahayaan seperti nilai intensitas, warna, dan kelembutan cahaya. Atur menurut feeling kalian sendiri-sendiri ( Karakter setiap desainer akan beda-beda ), yang penting dalam batas yang wajar. Kalian bisa mengamati dulu dikenyataannya itu seperti apa. Kalau gambar di atas tadi pencahayaan ruangannya aku seting seperti ini :

pengaturan pencahayaan vray sketchup

Aturlah Nilai Bump
Aturlah nilai bump pada material model yang menurut kita perlu ( bahasa mudahnya adalah nilai tekstur atau kekasaran suatau benda ). Misalkan rumput, gak adakan yang halus dan flet rata sama tanah, pasti ada ujung-ujugnyakan ? Kalau gambar diatas yang saya atur nilai bumpnya adalah pada lantai keramik, papan kayu, karpet, bantal, dan tanaman. Ingat, setiap material nilainya akan berbeda-beda tergantung kebutuhan. Untuk lantainya aku atur seperti di bawah ini :

mengatur nilai bumb pada vray sketchup

Aturlah Nilai Reflection
Kalau ini bahasa mudahnya adalah pemantulan pada benda, misalkan pada cermin. Kalau gambar di atas tadi yang atur atur nilai reflectionnya adalah pada material keramik saja ( aku sedikit memberi nilai reflection pada keramik ). Lihat pada gambar di bawah. Caranya adalah Klik icon material pada vray – Klik kanan pada Material List yang akan diberi nilai reflection – Create Layer – lalu pilih Reflection. Untuk lebih jelasnya lihat artikel di sini : CARA MENGATUR NILAI REFLECTION

mengatur nilai reflection pada vray sketchup

Oke teman-teman, jadi kurang lebih pengaturannya seperti di atas. Mungkin ada teman-teman master yang ingin memberikan tips lain yang lebih OK, bisa tinggalkan masukan di kolom komentar. Terimakasih telah membaca artikel ini. Semoga bisa bermanfaat untuk teman-teman yang baru belajar merender dengan Vray SketchUp.


25 comments:

  1. makasi banyak infonya gan, oia kalau bikin ruangan dengan cahaya lampu bagaimana yah gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku biasanya cuman pake rectangle light bawaan vray.
      pengeturannya ikuti step no. 4 pengaturan pencahayaan..

      Delete
  2. gan saya udah ikutin caranya agan cuma kenapa hitam aja yah , dan bintik bintik, kayak engak mau ngerender gitu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. coba liat postingan aku yg berjudul : Mengatur Options Editor Pada Vray SketchUp Agar Hasil Renderan Lebih Maksimal

      Delete
    2. Gan , sy mengalami masalah yg sama dgn boss chelsea fc , setelah sy otak atik vray option nya pd saat rendering di frame buffer cuma muncul layar hitam , mohon bantuannya utk mengatasi masalah ini , tks

      Delete
    3. Kalau berkenan mohon jawaban nya di kirim ke email sy ya gan : nastaindamarjati@yahoo.com

      Delete
    4. sy jg mengalami hal yg sama dgn teman ads phone,hasil render hitam pekat, mohon petunjuknya, kl berkenan kirim ke email sy ya gan : hendra.adhy@gmail.com makasi sblmnya

      Delete
  3. mas render option nya sebelah mana ya?? trus v-ray itu harus download lagi ya?? free atau berbayar??

    ReplyDelete
    Replies
    1. setelah instal vray, nanti akan muncul toolbars baru milik vray.
      nah di situ ada icon M (buat kasih dan seting material), O (Buat render option), R (buat melakukan perintah render), dll.
      betul, vray itu terpisah dari sketchup. jadi harus download dan instal dulu. ini software berbayar. freenya buat demo doang
      semoga membantu, & thank udah mampir

      Delete
    2. saya belom download v ray.. oh begituuu.. bayarnya hrus pake CC atau bisa transfer online ya mas?? ada link nya ga?? makasiii..

      Delete
    3. http://www.vray.com/vray-for-sketchup/buy-vray-for-sketchup-edu.html
      Mas, disitu bukan belinya?? harganya mahal juga ampe 2 jutaan..

      Delete
  4. tampilan relfection layer di vray saya berbeda dgn pny mas prasetyo, di vray yang saya pakai, di kolom reflection terbagi menjadi: general, glossiness, anisotrophy, dim distance. sedangkan di versi mas prasetyo terbagi atas: BDRFreflection, hlight-reflection. apakan ada perbedaan setting dalam vray tersebut saat diinstal? atau ada perbedaan versi vray yang dipakai?
    (saat ini saya pakai vray 2.0 di sketcup 08)

    ReplyDelete
  5. gan gua dah pake sketchup 2015 dan vray yg sesuai 46bit kalo gak salah.. cuman langkah renderin di view>toolbar gak ada gan.. bingung guaa.. bantuanya donk..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setelah Diinstal ditoolbar atas ada Extensions,coba klik nanti muncul vray,kalau gak muncul berarti vraynya tidak terinstal di folder Skechup

      https://www.dropbox.com/s/8kojlf5jvhufydk/Tangkapan%20layar%202016-02-12%2023.17.40.png?dl=0 (Via Dropbox Mas)

      Semoga Membantu

      Delete
  6. Mantap gan (y)
    mampir" gan ke youtube ane , ane mau share setting ies light vray standar.
    https://m.youtube.com/watch?v=Fak2mcosXxs

    ReplyDelete
  7. kok toolbars vraynya gak ada ya gan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin ini solusinya mass http://saidgank.blogspot.com/

      Delete
  8. Maaf mas, klau sy lihat kotak dialognya itu bukan render v ray sketchup... tapi lebih seperti 3d max

    ReplyDelete
  9. buat dong cara mensteing Vray, soalnya nyari buku tentang Vray Susah, ane dan teman2 ane knanyakan sih ya kalo udah d buat di sketcup langsung di tekan render, soalnya g tau setingganya, akibatnya tuh gan hasil kurang maksimal.. itu saran ane sih gan

    ReplyDelete
  10. mas mohon infonya dong, kenapa waktu di render menjadi hitam sedangkan yang terkena cahaya lampu itu bisa terlihat tapi selebihnya menjadi hitam baik dinding maupun lantai, bisa info untuk tipsnya

    ReplyDelete
  11. info dong ini pake sketchup berapa ya? saya kan masi pake sketch up 8, settingan untuk render beda ya sama yang versi 2014/2015/ versi baru2?? soalnya saya banyak liat tutorial koq ada bbrp item yang ga ada di sketch up 8 (contoh: edit material - reflection di skp 8 ga ada DIM DISTANCE, tapi di tutorial2 ada smua) mohon info ya ini saya yang salah instal apa emang di skp 8 ga ada? Dan itu pengarug untuk rendering apa ngga ya? thank u..

    ReplyDelete
  12. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  13. Oh ya saya mau nanya, kok ketika saya ngerender, gambar proses render kok nggk muncul ya? Kenapa? Mohon bantuannya

    ReplyDelete
  14. Permisi gan numpang tanya, saya menggambar gedung ukran 30 x 25 m, dindingnya full hitam dan setelah di render kok hasilnya soerti gambar negatif gitu ya, mohon penjelasan, trimkasih

    ReplyDelete

tinggalkan kesan dan daerah kamu tinggal pada kolom komentar yah..